Registrasi Yudisium

Direkomendasikan menggunakan browser non-Google Chrome bagi pengguna smartphone Android untuk menghindari manajemen account bawaan OS. Dan untuk pengguna Google Chrome desktop bisa menggunakan fasilitas Switch Account. Web browser yang disarankan Microsoft Edge atau Brave Browser.

Yudisium Online

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Mengikuti peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan pemberlakuan Work From Home terkait pandemi COVID-19, maka proses Yudisium Fakultas Ilmu Komputer akan dilakukan secara online. Calon peserta Yudisium diwajibkan mengikuti langkah-langkah yang disediakan dan melengkapi berkas-berkas untuk syarat mengikuti Yudisium Online. Harap dibaca dengan seksama setiap langkah dan tahap yang disediakan untuk menghindari kesalahan entri data di seluruh form.

JADWAL YUDISIUM

^pilih untuk detail jadwal

Berkas yang masuk diluar jadwal yang telah ditetapkan otomatis dimasukkan ke periode berikutnya.

Berkas yang harus dilengkapi adalah:
  • Scan KTP Asli (berwarna),
  • Scan Ijazah SMA/SMK Asli (berwarna),
  • Scan foto 3×4 (berwarna) dan cetak fisik sejumlah 6 lembar,
    • Latar merah,
    • Jas almamater,
    • Dasi merah,
    • Hijab putih (bagi yang berhijab).
  • Scan bukti unggah (upload) artikel ilmiah di JIFOSI (jifosi.upnjatim.ac.id) atau bukti publikasi artikel ilmiah di jurnal atau prosiding,
  • Scan sertifikat KKN Asli (berwarna).

Catatan:
  • Pastikan Anda sudah submit laporan skripsi yang sudah direvisi ke Prodi masing-masing,
  • Laporan skripsi versi siap cetak dan surat keterangan bebas revisi akan dikirim langsung oleh prodi ke Fakultas,
  • Data lembar pengesahan (jika sudah selesai diurus) akan tersedia di Tata Usaha Fakultas,
  • Data bebas tanggungan pembayaran dan bebas tanggungan perpustakaan bisa dilihat oleh Tata Usaha di SIAMIK (jika lembar pengesahan sudah selesai diurus),
  • Transkrip akan dicetak langsung oleh Fakultas,
  • Untuk 6 lembar foto yang dicetak fisik dimasukkan ke dalam amplop dan diberi label/ditulis Nama dan NPM sesuai contoh (scroll ke bawah) pada amplop dan sisi belakang masing-masing lembar foto. Foto bisa diantar langsung atau dikirimkan melalui kurir ke alamat:
    • Tata Usaha, Fakultas Ilmu Komputer, Kampus UPN “Veteran” Jawa Timur
    • Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur
  • Khusus untuk yang diantar langsung atau menggunakan kurir Gojek / Grab. Jadwal penerimaan foto fisik dan berkas fisik lainnya di Tata Usaha Fakultas, Senin dan Rabu, pukul 10.00 AM hingga 02.00 PM. 
  • Untuk pengiriman melalui kurir input penerima kepada Staff Tata Usaha, Fakultas Ilmu Komputer, UPN “Veteran” Jatim dengan atas nama salah satu dibawah ini.
    • Frinda Wahyu [0813-5708-6365]
    • Aries Santoso [0813-4669-2731]
  • Batas waktu penerimaan foto dan berkas lainnya sesuai dengan jadwal registrasi Yudisium, diluar batas yang telah ditentukan akan dimasukkan ke periode Yudisium berikutnya.

^tap untuk menampilkan contoh

JIKA FOTO TIDAK SESUAI KETENTUAN,
IJAZAH TIDAK DIPROSES UNIVERSITAS

Pedoman Yudisium Online:

A. Mengurus Lembar Pengesahan:

  1. Upload ringkasan skripsi melalui Form A1 – Upload Ringkasan Skripsi (scroll ke bawah),
  2. Mahasiswa mengirim melalui e-mail lembar pengesahan tanpa tanda tangan berupa File PDF ke salah satu Dosen Penguji (format A4, generate PDF dari dokumen Office Word/LibreOffice/WPS Office/Google Docs bukan file foto/gambar ke PDF),
  3. Sebelum dikirim harap dipastikan nama dosen, gelar dan nomor NIP/NPT sudah benar karena jika ada kesalahan dari salah satu poin tersebut bisa mengakibatkan pengajuan lembar pengesahan dibatalkan dan wajib pengajuan ulang,
  4. Alur proses tanda tangan pengajuan lembar pengesahan tersedia di Flowchart B2 (Section 1F),
  5. Menunggu konfirmasi lembar pengesahan melalui email masing-masing (email resmi mahasiswa: -npm-@student.upnjatim.ac.id), Tata Usaha Fakultas akan mengirim lembar pengesahan yang sudah bertanda-tangan Dekan dan stempel Fakultas (dimana untuk kelengkapan pada buku laporan fisik) dan mahasiswa yang bersangkutan telah bebas pinjaman buku di perpus pusat.

B. Pengumpulan Buku Skripsi, Buku PKL, CD Skripsi dan CD PKL.

  1. Buku laporan skripsi dan PKL fisik lengkap sudah terjilid serta CD, dikumpulkan di Tata Usaha Fakultas dengan batas waktu sama dengan jadwal registrasi Yudisium.
  2. CD berisikan softcopy
    • laporan pkl/skripsi lengkap (direkomendasikan seluruh bab dalam 1 file PDF),
    • lembar pengesahan yang telah diberi stempel Fakultas (PDF),
    • cover dalam (PDF),
    • lembar anti plagiat bermaterai (PDF) dan
    • program pkl/skripsi (dalam bentuk arsip ZIP).
    • Format Cover CD dan label CD tersedia di bawah (scroll ke bawah).
  3. Buku dan CD dapat dikumpulkan dengan datang langsung atau dengan pengiriman kurir. Per mahasiswa mengumpulkan sebanyak 2 eksemplar tiap buku dan CD (Skripsi – 2 buku dan 2 CD, PKL – 2 buku dan 2 CD).
  4. Jadwal penerimaan di Tata Usaha Fakultas sama dengan jadwal pengumpulan foto fisik di Section 1B (scroll ke atas),
  5. Bagi yang sudah pernah mengumpulkan buku dan CD PKL di Perpustakaan Fakultas bisa konfirmasi langsung saat pengumpulan buku di Tata Usaha sehingga hanya perlu membawa 1 buku PKL dan 1 CD PKL untuk dikumpulkan ke Perpustakaan Pusat,
  6. Batas waktu penerimaan buku dan CD serta berkas lainnya sesuai dengan jadwal registrasi Yudisium, diluar batas waktu yang telah ditentukan akan dimasukkan ke periode Yudisium berikutnya.

C. Pendaftaran Yudisium (Flowchart B3 – Yudisium Fakultas)

  1. Upload berkas-berkas kelengkapan Yudisium melalui Form A2 – Registrasi Yudisium (scroll ke bawah),
  2. Setelah data registrasi dan berkas dinyatakan valid atau memenuhi syarat dan ketentuan, Tata Usaha Fakultas akan mengirim e-SKL (Surat Keterangan Lulus) melalui email resmi mahasiswa (-npm-@student.upnjatim.ac.id).
  • Untuk Form A2 – Registrasi Yudisium bisa langsung di-input sambil menunggu konfirmasi Lembar Pengesahan.
  • Waktu proses lembar pengesahan 2-4 hari, harap diperhatikan waktu pengajuan berkas masing-masing,
  • Waktu proses berkas yudisium 2-4 hari, wajib diperhatikan waktu pengajuan berkas masing-masing., 

^tap untuk menampilkan format

Pedoman
  • Halaman login akan muncul otomatis sebelum pengisian form (jika belum login akun UPN Jatim),
  • Gunakan browser selain Google Chrome bagi pengguna smartphone Android untuk menghindari sistem manajemen account bawaan OS. Rekomendasi Brave Browser atau Microsoft Edge.
  • Gunakan account resmi UPN Jatim sebagai syarat pengisian form – [nomor npm @student.upnjatim.ac.id],
  • Setelah sukses login bisa langsung klik tombol form untuk melakukan pengisian,
  • Diwajibkan membaca seluruh perintah di dalam form untuk memperlancar proses pengisian.
  • Kesalahan dalam format nama maupun konten file akibat tidak teliti bukan tanggung jawab Tata Usaha Fakultas.
  • Pengajuan re-upload file di seluruh form di website Fakultas Ilmu Komputer wajib melalui Form Bantuan atau datang langsung ke Tata Usaha Fakultas, jadwal pelayanan langsung dalam masa WFH disamakan dengan jam penerimaan pengumpulan hardcopy (scroll ke atas),
  • Registrasi diluar batas waktu yang telah ditentukan maka otomatis akan dimasukkan ke Yudisium periode berikutnya.

Upload Foto Dokumentasi Yudisium

Khusus untuk peserta Yudisium pada masa Pandemi dan telah menerima SKL

Photo Count
(24 Hours Update)

APR20 = 00/10
JUN20 = 08/42
JUL20 = 00/00

Pedoman
  • Halaman login akan muncul otomatis sebelum pengisian form (jika belum login akun UPN Jatim),
  • Gunakan browser selain Google Chrome bagi pengguna smartphone Android untuk menghindari sistem manajemen account bawaan OS. Rekomendasi Brave Browser atau Microsoft Edge.
  • Gunakan account resmi UPN Jatim – [nomor npm @student.upnjatim.ac.id],
  • Setelah sukses login bisa langsung klik tombol form untuk upload foto.

Flowchart B1 – Cetak Transkrip

Flowchart B2 – Lembar Pengesahan

Alur proses pengajuan lembar pengesahan; Dosen Penguji => Dosen Pembimbing => Koordinator Program Studi => Fakultas

Flowchart B3 – Yudisium Fakultas

Scroll to top